Monday, November 11, 2013

sejarah wireless honeypot


HONEYPOT
SEJARAH WIRELESS HONEYPOT

Kemajuan teknologi honeypot mulai terlihat ketika Kevin Poulsen pada tahun 2002 mempublikasikan penelitiannya, Wi-Fi Honeypots a New Hacker Trap , penelitian Poulsen ini dianggap beberapa pihak sebagai teknologi wireless honeypot yang pertama. Suatu tim peneliti, WISE ( Wireless Information Security Experiment ) pada tahun 2002 didirikan oleh SAIC ( Science Applications International Corporation ) di Washington DC, Amerika Serikat. Tim peneliti ini meneliti celah keamanan jaringan wireless pada waktu itu, tim tersebut mendapati bahwa kebanyakan jaringan wireless pada saat itu sangat mudah untuk disusupi dan sangat terbuka. Jenis ancaman yang ditemukan adalah akses yang tidak terotorisasi, penggunaan jaringan wireless yang ilegal, mendengarkan proses komunikasi pada wireless secara ilegal ( eavesdropping ). Ancaman kemanan tersebut merupakan ancaman keamanan yang paling utama dan paling sering terjadi saat ini. Pada akhir 2002, sebuah organisasi bernama Tenebris mempublikasikan hasil penelitian mereka, yaitu pengumpulan data dari wireless honeypot yang mereka implementasikan di Ottawa ( Canada ) dan menyimpulkan bahwa sangat banyak terjadi aktivitas war driving saat itu dan apa saja yang sering menjadi target serangan para penyerang di jaringan wireless. Selanjutnya, Tenebris melanjutkan riset mereka di sekitar kota London lalu menuju Adelaide, South Australia.

SKENARIO SERANGAN PADA JARINGAN WIRELESS

Dari beberapa penelitian sebelumnya, ada suatu bentuk pola skenario serangan yang umum terjadi pada sistem keamanan wireless. Setidaknya ada tiga pola skenario
serangan, yaitu:

A. Serangan yang sebenarnya ditujukan ke jaringan kabel ( LAN ) dengan memakai jaringan wireless sebagai media untuk menyusup ke LAN.

B. Serangan yang langsung ditujukan kepada pengguna jaringan wireless. Jenis serangan ini menyerang perangkat wireless user.

C. Serangan yang ditujukan ke infrastruktur jaringan wireless secara keseluruhan. Jenis serangan ini biasanya bertujuan mengambil alih akses penuh jaringan wireless.





ARSITEKTUR WIRELESS HONEYPOT

Secara umum arsitektur wireless honeypot yang akan diimplementasikan adalah sebagai berikut.

a. Wireless Access Point ( WAP ) sebagai media prasarana jaringan wireless.
b. Wireless Client ( WC ) merupakan pihak pengguna jaringan wireless user ).
c. Wireless Monitor ( WMON ) sebagai perangkat yang merekam trafik jaringan.
d. Wireless Data Analysis ( WDA ) berfungsi menganalisis trafik dari WMON
e. Wired Instructure ( WI ) merupakan infrastruktur LAN.

sumber : http://www.slideshare.net/uduludul/honeypot-8624056
 Untuk artikel sebelumnya dapat dilihat pada:
NITA MULYASARI (55410011) http://whitelilynita.blogspot.com/2013/11/malware.html
MUTHIA SYARAH (54410876) http://muthiasyarah.blogspot.com/2013/11/tugas-2-pengantar-forensik-ti-definisi.html
TISYANIA PUTRI AFINA (56410910) http://tisyaniaputri.blogspot.com/2013/11/klasifikasi-honeypot.html
ASTITIRATYA (50410193) http://astitiratyapi.wordpress.com/2013/11/10/contoh-kasus-honeypot/

No comments:

Post a Comment